On-Page: Cara Mengoptimalkan Situs di Mesin Pencari

panduan-optimasi-on-page-seo
panduanim.com


SEO On-page merupakan komponen-komponen penentu apakah situs Anda sudah maksimal dalam hal optimasi di dalam situs tersebut dan bagaimana hubungannya dengan mesin pencari.

Dengan kata lain, sebelum optimasi off-page, Anda harus memaksimalkan struktur on-page situs Anda sendiri.

Saya ulangi, SEO on-page itu bagaimana Anda mengoptimalkan struktur link di dalam situs Anda sendiri.

Jadi, ada 2 hal penting bagaimana agar optimasi on-page bisa maksimal: berkaitan (relevan) dan berkualitas.

Jangan berharap bisa muncul di halaman pertama mesin pencari jika dua hal penting tersebut tidak terpenuhi.

Dalam panduan ini, Anda dan saya akan sama-sama belajar poin-poin mana saja dari situs Anda yang perlu di optimalkan struktur on-page agar lebih ramah di mesin pencari.

Anda mungkin tertarik,

Dasar SEO on-page

Dalam mengoptimalkan situs Anda, konsep on-page ini merupakan hal PENTING yang wajib anda mengerti.

Ada lagi teknik optimasi selain on-page, yaitu teknik off-page. Tapi saya akan menulisnya lain kali, tentunya setelah artikel ini selesai.

Sekarang,

Hasil yang akan Anda dapatkan akan percuma jika strategi on-page tidak maksimal Anda lakukan.

Artinya, strategi lain tidak akan berjalan dengan baik ketika strategi SEO yang paling penting ini Anda abaikan.

Konsep dari SEO on-page itu simpel.

Tujuan Anda mengoptimalkan situs agar:
 

  1. Ada manfaat yang di dapatkan pengujung
  2. Gampang bagi pengunjung dalam menjelajahi situs Anda
  3. Tidak cepat bosan
  4. Struktur situs Anda mudah di pahami mesin pencari.

Anda mungkin bertanya-tanya,

“Bukannya strategi on-page seo ini untuk mesin pencari? Hubungannya dengan pengunjung di mana?”

Ini jawabannya,

Mesin pencari melihat kepuasan pengunjung berdasarkan durasi waktu yang mereka habiskan di situs Anda.

Situs Anda bisa di katakan cukup baik di mata mesin pencari jika rata-rata pengunjung menghabiskan waktunya lebih dari 60 detik.

Ini hanya salah satu faktor. Masih banyak faktor-faktor lainnya.

Waktu yang lebih dari 60 detik ini akan mengirim sinyal ke mesin pencari kalau situs Anda memang relevan dengan apa yang di cari pengunjung.

Sekarang,

Anda bisa bayangkan apa yang terjadi jika pengunjung tidak menemukan informasi di situs Anda, maka mesin pencari akan melihat situs Anda tidak relevan dan ini bisa menurunkan peringkat situs Anda secara signifikan.

Seperti yang pernah saya bilang di bab 1, mesin pencari itu adalah sebuah produk, dan namanya produk, tentu saja harus bisa memuaskan kita, calon konsumen.

Meskipun Google masih merupakan mesin pencari paling populer, tapi para pesaingnya tetap mengintai untuk mencari celah.

Intinya,

Situs Anda harus memuaskan pengunjung dengan informasi yang relevan, sesuai kata kunci yang Anda bidik. Sama seperti situs-situs yang muncul di halaman pertama, mereka juga harus bisa memuaskan pengunjung.

Begini caranya:

Struktur Halaman Situs yang Baik


Kepuasan pengguna situs atau website di pengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini:

  1. Kualitas artikel
  2. Kata kunci
  3. Judul
  4. URL
  5. Meta description
  6. Multimedia (video,gambar, tabel, chart dan lainnya)
  7. Link keluar (outbound link)
  8. Link masuk (internal link)
  9. Sosial sharing
  10. Akses cepat situs (website speed)

Kita akan merincinya satu per satu dari setiap komponen ini.

  • Artikel berkualitas dan terbaik


Jika Anda teliti, artikel merupakan faktor terpenting dari sebuah halaman situs. Dengan kata lain, artikel memiliki peranan yang terbesar ketika Anda ingin mengoptimalkan struktur on-page.

Sulit masuk ke jajaran top 10 di halaman pertama jika tidak memiliki artikel yang berkualitas.

Namun, bagaimana artikel yang berkualitas itu!?

Ciri-cirinya seperti ini:

  1. Pengunjung merasakan manfaat yang terbaik dari artikel tersebut
  2. Dibandingkan konten lain yang serupa, konten ini lebih baik
  3. Mampu menyedot perhatian pengunjung
  4. Menjadi solusi dari masalah yang ada
  5. Memunculkan perasaan kagum

Artikel yang berkualitas memiliki 5 ciri-ciri di atas.

Penuhi kelima ciri-ciri tersebut jika Anda ingin situs Anda berada di halaman pertama mesin pencari untuk waktu yang cukup lama.

Tidak terkecuali.

Anda mungkin tertarik,

Mesin pencari seperti Google secara terbuka memberikan pernyataan kalau mereka tidak menyukai artikel yang:

  1. Tidak berkualitas
  2. Tidak ada nilai yang diberikan kepada pembaca
  3. Duplikat konten
  4. Pembaca jadi stress karena konten yang tidak berbobot

Jangan bermimpi untuk mendapatkan peringkat satu jika situs Anda masuk keempat kriteria di atas. Bahkan, salah satunya saja artikel Anda masuk kategori di atas.

Berbahayanya

Artikel Anda bisa terkena pinalti alias sandbox.

Semua mesin pencari akan selalu meningkatkan performa algoritma-nya. Dari waktu ke waktu, mereka akan mengetahui bagaimana artikel yang berkualitas.

Dalam mempublikasikan suatu artikel, hati-hatilah agar konten Anda tidak terkena pinalti.



Untuk mempermudah Anda, saya pernah menulis tentang bagaimana menyusun artikel yang baik. Anda bisa membacanya di sini
  • Kata kunci yang banyak di cari dan targetnya jelas


Ketika Anda mengetik kata kunci di kotak mesin pencarian, maka Anda akan melihat hasil berupa 8-10 situs yang berkaitan dengan kata kunci tadi.

Sebuah situs peringkatnya akan tinggi jika berkaitan dengan kata kunci yang Anda ketik sebelumnya.

Artinya, mengoptimalkan halaman situs sama dengan mengoptimalkan kata kunci.

Anda harus mengoptimalkan setiap halaman di situs dengan minimal 1 kata kunci.

Bagaimana caranya!?

Selalu sertakan kata kunci di dalam halaman situs Anda.

Fokusnya di dalam artikel itu sendiri, lalu di judul dan di URL.

Dengan begitu, Google dan mesin pencari lainnya serta pengunjung akan segera tahu dan mengerti apa isi dari halaman situs Anda.

Satu tambahan lagi...

Anda harus mengerti apa tujuan dan maksud di balik sebuah kata kunci.

Contohnya seseorang mencoba mencari informasi di Google dengan kata kunci "beli laptop"

Apa maknanya kira-kira!?

Mungkinkah orang itu ingin membeli laptop atau mau baca artikel tentang cara membeli laptop!? Jelas, lebih masuk akal yang pertama.

Menariknya,

Google dan mesin pencari lainnya mengerti akan hal ini.

Jadinya, semua mesin pencari akan menunjukkan halaman yang berkaitan dengan jual laptop.

Untuk itulah, tidak mungkin bisa artikel Anda akan mampu berada di peringkat satu jika konten yang Anda sediakan membahas bagaimana cara membeli laptop.

  • Judul artikel yang klikable


Cara paling gampang untuk mengoptimalkan judul yakni dengan mengikutsertakan kata kunci utama yang Anda bidik.

Contohnya kata kunci "belajar on-page seo", maka judul artikel Anda harus ada kata "belajar on-page seo"

Tentu saja ini belumlah cukup...

...paling penting dari sebuah judul bukan bagaimana mengoptimalkan kata kunci, tapi bagaimana mengoptimalkan terhadap minat dan ketertarikan pada manusia.

Jadi, peringkat situs Anda akan lebih cepat naik ketika Anda mengerti bagaimana menciptakan judul yang bisa menarik banyak pengunjung.

Analoginya seperti ini:

Contohnya ada 2 situs yang bersaing, berada di peringkat 1 dan 2.

Ternyata peringkat 2 mendapatkan klik yang lebih banyak daripada peringkat 1, terutama karena judul artikelnya lebih menarik, sehingga banyak yang penasaran.

'

belajar-seo-website-bagi-pemula

Situs yang berada di peringkat 2 akan naik ke peringkat 1 karena Google ingin memprioritaskan hasil yang terbaik dan memuaskan pengunjung.

Anda mengerti, kan!?

Sekarang,

Anda harus mampu mengoptimalkan judul agar jumlah klik bisa terus bertambah, karena judul inilah yang paling utama di baca di hasil pencarian.

  • Buat URL jadi singkat dan jelas


URL yang singkat, jelas dan terdapat kata kunci bisa membantu peringkat situs Anda di mesin pencari, meskipun tidak terlalu signifikan pengaruhnya.

Ini adalah contoh URL yang jelek dan sebaiknya Anda menghindari membuat URL seperti ini.

domainanda.com/?p=90

Sekarang,

Contoh URL yang bagus dan profesional adalah URL yang berkaitan dengan topik dari artikel Anda.

Misalnya seperti ini:

artikel tentang "resep puding"> domainanda.com/resep-puding/

artikel produk "samsung galaxy s7" > domainanda.com/smartphone/samsung/galaxy-s7/

Jika Anda berencana menulis artikel, pastikan URL-nya menjelaskan isi artikel tersebut seperti contoh di atas. Lebih bagus lagi jika Anda menambahkan kata kunci sesuai yang Anda bidik.

  • Meta deskripsi yang informatif dan klikable


Secara garis besarnya, meta deskripsi merupakan potongan kalimat yang muncul di mesin pencarian yang biasanya menjelaskan secara singkat informasi mengenai kata kunci yang di cari.

Anda mungkin penasaran,

Di sisi lain, meta deskripsi sebenarnya tidak memiliki pengaruh pada rangking halaman situs Anda.

Menariknya,

Google saat ini lebih banyak mengambil kalimat dari dalam artikel Anda dan dijadikan deskripsi halaman di mesin pencarian.

Tentu saja, mengoptimalkan meta deskripsi tidak butuh waktu lama. Hanya perlu menulis 1 sampai 2 kalimat saja.

Situs Anda memiliki persentase yang lebih tinggi ketika Anda mampu membuat meta deskripsi yang menarik dan bikin penasaran.

Semakin baik peringkat, maka semakin banyak kunjungan ke situs Anda.

  • Menyediakan Konten Multimedia


Pasti akan sangat jenuh dan bosan ketika Anda mengunjungi situs yang isinya 100% teks saja, tanpa adanya gambar, video dan konten multimedia lainnya.

Menariknya,

Masih banyak yang beranggapan konten multimedia seperti gambar atau video merugikan.

Tentu ini tidak benar.

Justru situs Anda akan lebih mudah masuk halaman pertama jika di lengkapi dengan multimedia berupa gambar atau video.

Tapi, Anda harus ingat.

Jangan terlalu banyak sehingga akses ke situs Anda jadi berat dan bisa-bisa mereka malah membatalkan kunjungan di situs Anda.

Apalagi jika multimedia tersebut tidak berkaitan dengan artikel.

Ini tipsnya yang mungkin berguna buat Anda.

  1. Pastikan ada kaitan antara isi artikel dengan gambar.
  2. Supaya ukuran file gambar tidak terlalu besar, gunakan jenis ekstensi yang tepat.
  3. Sesuaikan ukuran gambar dengan yang di tunjukkan
  4. Agar optimal, kompres gambar tersebut.
  5. Isi alt gambar dengan kata kunci yang Anda bidik


  • Ada Link menuju situs lain sebagai referensi


Bagi situs yang baru saja lahir, bagian ini sangat penting.

Semua mesin pencari yang merupakan pusat informasi pastinya akan menyediakan artikel-artikel dari sumber terpercaya.

Tujuannya, supaya informasi ini tidak membingungkan banyak orang.

Tidak heran,

Situs-situs besar mudah sekali muncul di halaman pertama.

Salah satu alasannya karena situs tersebut tepercaya dan sudah punya nama yang baik.

Biasanya, Google melihat situs yang baru saja lahir masih belum bisa di percaya. Itulah mengapa sulit untuk mendapatkan rangking tertinggi.

Inilah manfaatnya Anda memberikan link yang mengarah ke situs lain di dalam artikel sebagai sebuah referensi.

Artikel Anda akan lebih gampang memiliki reputasi ketika Anda memberikan referensi ke situs lain sebagai tambahan informasi bagi sebagian pengunjung yang mungkin masih ingin tambahan informasi lain.

Logikanya seperti ini:

Beberapa buku non-fiksi atau artikel jurnal pasti memuat daftar pustaka atau catatan kecil. Gunanya untuk memberitahukan pembaca darimana saja sumber yang di pakai oleh penulis.

Biasanya, Anda akan lebih mudah percaya dengan isi artikel atau buku tersebut.

Bandingkan jika tanpa sumber lain, sudah pasti tidak akan ada yang percaya dengan isinya.

  • Akses lebih mudah dengan internal link


Bounce, merupakan istilah dimana pengunjung hanya sebentar berada di situs Anda dan kemudian kembali lagi ke halaman mesin pencari.

Jika bounce rate dari situs Anda tinggi, hal itu berarti:

Artikel Anda tidak berkualitas
Akses yang menyulitkan

Anda harus ingat ini,

Situs yang tidak memberikan nilai apa-apa terhadap pengunjung akan sulit mendapatkan peringkat yang bagus.

Saran terbaik untuk mencegah bounce rate situs Anda tinggi adalah dengan cara memasang link yang mengarah ke halaman lain di dalam situs Anda yang berkaitan (interna link).

Tujuannya, agar memudahkan pengunjung menemukan artikel yang masih berkaitan dengan artikel yang mereka baca.

Ini tips bagaimana strategi membangun struktur situs dengan internal link.

  • Menyediakan Tombol Sosial Share


Peringkat situs di Google tidak di pengaruhi oleh jumlah share ke sosial media. Tapi tidak berarti sosial media Anda abaikan.

Justru malah sebaliknya.

Sosial share memiliki dampak secara tidak langsung dengan peringkat situs Anda.

Ini pentingnya sosial media:

  1. Mendapatkan tambahan pengunjung
  2. Membangun reputasi, agar situs lebih dikenal
  3. Bisa melakukan analisa secara cepat dari sisi kepuasan pengunjung
  4. Pengunjung dari sosial media bisa memberikan Anda tambahan backlink (nanti akan kita bahas)

Reputasi situs Anda akan lebih cepat terbangun melalui sosial media dibandingkan Anda mengandalkan SEO.

Inilah dampak yang akan terjadi terhadap SEO situs Anda.

Saat situs Anda sudah di kenal, orang-orang tentunya akan mencarinya melalui mesin pencari.

Akibatnya, brand situs Anda akan memiliki nama baik yang bagus oleh mesin pencari seperti Google.

Untuk itu, jangan lupa pasang tombol share di situs Anda.

  • Akses situs yang cepat dan responsif


Peringkat situs Anda akan menjadi lebih baik apabila aksesnya cepat dan responsif.

Billy Hoffman di MOZ pernah menulis tentang hal ini, menyatakan bahwa situs yang berada di halaman pertama memiliki waktu respon yang lebih pendek dan lebih singkat.


tutorial-belajar-seo-lengkap-untuk-pemula


 

TTFB atau Time To First Byte maknanya waktu yang server situs butuhkan untuk menyapa pengguna mendapatkan skor 1 byte. Artinya, ini adalah watu respon server.

Meningkatkan kecepata situs tidak hanya untuk Google dan mesin pencari lainnya. Melainkan juga untuk pengunjung sehingga mereka jadi betah dan nyaman berlama-lama di dalam situs Anda.

Ada 3 hal yang membuat situs Anda jadi lambat atau cepat:

  1. Hosting yang digunakan
  2. Total file pendukung seperti .js dan .css di <head>
  3. Halaman yang ukurannya terlalu besar hingga mengganggu pengunjung

Ingat hal ini:

Kecepata situs Anda tidak akan berkurang dengan adanya konten multimedia seperti gambar dan video, kecuali jika jumlahnya terlalu banyak.

Silakan uji waktu loading situs Anda melalui Google Page Speed Test. Jika skornya di bawah 75%, segera lakukan perbaikan.






Baca juga: ratusan peluang usaha sampingan dari internet yang sangat mudah Anda lakukan

0 Response to On-Page: Cara Mengoptimalkan Situs di Mesin Pencari

Posting Komentar